Senin, 24 September 2012

JANGAN MENGAKTIFKAN PONSEL PADA SAAT MENGAJAR



Zaman sekarang telepon seluler sudah menjadi kebutuhan utama. Keberadan telepon seluler memudahkan kita dalam berkomunikasi. Jarak dan waktu bukan lagi menjadi penghalang berkat adanya telepon seluler.
Namun, ada situasi terkadang yang membatasi  penggunaan telepon seluler. Menerima panggilan, melakukan panggilan,atau pun menerima dan mengirim pesan  singkat sebaiknya dihindari dalam situasi itu. Salah satunya adalah pada saat proses belajar mengajar berlangsung.
(sumber : kokeykhia.blogspot.com)
Salah satu aturan dalam tata tertib siswa, yang  diterapkan di banyak  sekolah,  adalah adanya larangan bagi siswa untuk membawa dan menggunakan telepon seluler di lingkungan sekolah. Proses belajar mengajar pastilah akan terganggu, jika pada saat itu ada siswa yang menerima atau melakukan panggilan dan menerima atau mengirim pesan singkat.
Bagaimana dengan guru? Guru mungkin tidak perlu dilarang membawa telepon seluler di lingkungan sekolah. Akan tetapi,  seorang  guru  sebaiknya tidak menggunakan telepon seluler pada saat mengajar. Dapat dibayangkan bagaimana suasana kelas pada saat guru mengajar lalu telepon selulernya berbunyi.  Guru pasti terburu-buru menghentikan kegiatan mengajarnya karena harus menerima telepon. Mungkin guru akan meninggalkan kelas untuk menerima telepon.
Pada saat guru  menerima telepon, walaupun tidak terlalu lama, siswa akan teralihkan perhatiannya dari kegiatan pembelajaran yang sedang berlangsung. Akan ada saja siswa yang memanfaatkan saat-saat seperti itu untuk melakukan aktivitas lain. Misalnya bermain-main dan membuat kegaduhan dalam kelas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar