Rabu, 26 September 2012

HAKIKAT DAN MANFAAT EVALUASI PEMBELAJARAN



Ada 3 macam kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru. Di samping kegiatan merencanakan dan melaksanakan pembelajaran, kegiatan yang tak kalah pentingnya adalah kegiatan evaluasi  pembelajaran.
            Kegiatan evaluasi pembelajaran dilakukan guru dengan maksud untuk mengetahui keberhasilan pembelajaran yang dilakukan guru; kemampuan dan daya serap peserta didik terhadap materi pembelajaran yang telah diajarkan guru; dan umpan balik bagi guru dalam memperbaiki kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.
            Ada beberapa istilah yang perlu dipahami agar dapat melaksanakan evaluasi pembelajaran dengan baik. Menurut Prof. Suherli Kusmana, M.Pd. dalam buku “Guru Bahasa Indonesia Profesional” istilah  itu adalah evaluasi, pengukuran , dan penilaian.
            Pengukuran (measurement) adalah kegiatan membandingkan sesuatu dengan suatu formula atau skala tertentu yang sesuai dan bersifat kuantitatif. Sadangkan penilaian ((grading) adalah suatu proses pengambilan keputusan dengan menggunakan informasi yang diperoleh dari suatu pengukuran dan bersifat kualitatif. Sedangkan evaluasi pembelajaran adalah kegiatan yang mencakup kegiatan pengukuran dan penilaian. Evaluasi didahului oleh kegiatan pengukuran.
            Dengan melakukan evaluasi guru dapat mengetahui berhasil atau tidak berhasilnya pembelajaran yang dilakukan. Evaluasi akan memberikan kesempatan kepada guru untuk merefleksi pembelajaran. Guru bisa mengkaji teknik, metode, dan materi pembelajaran yang lebih tepat untuk kegiatan pembelajaran selanjutnya.
            Evaluasi pembelajaran memberikan gambaran kemampuan dan daya serap peserta didik dalam menguasai materi pembelajaran yang telah diberikan. Guru dapat mengetahui siswa yang masih perlu diberi remedial dan siswa yang perlu diberi pengayaan.
            Dari evaluasi pembelajaran yang telah dilaksanakan guru akan mendapat masukan yang sangat berharga. Guru bisa mengatahui mana materi pelajaran yang telah dan belum dikuasai oleh siswa. Guru juga dapat menentukan dan mengubah teknik dan metode pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran agar pembelajaran efektif dan efisien.
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar